Wednesday, August 30, 2006

Chameleon and a bit of thought

Bulan agustus 2006, yang sangat melelahkan. Terutama minggu ini, yah seminggu ini saya mulai 'belajar capek' untuk menyiapkan beberapa custom order. belajar capek?....uhm..
(selain buat custom order Mr. Koln, yang lumayan menyita waktu dan pikiran, saya harus tetap membagi waktu untuk regular order domistik, apalagi masih sepupu)
Regular order "Hobo bag" - Drg. Nirmalasari  * Bumi Serpong Damai - Tangerang


Totes Bag / Bwoling Bag

Regular order - Windasantitoli *Medan - Maminya teman zee

Handbag / Frame Bag
Wih guaya banget ya. Yup.., belajar capek. Disaat saya memutuskan untuk membuat produk-massal, maka saya harus siap tenaga ekstra untuk jadi "IBJAL" alias ibu-ibu jalanan, bukannya supir, atau nyonyah shopping melainkan seorang ibu muda yang tidak bisa diem, sok cari-cari kesibukan..demi memenuhi nafsu hobby yang tidak tersalurkan...Dasarnya seeh dan agak kurang percaya sama orang lain,...karena sering sekali di bokisin ..sama staf pembelanjaan..( istilah "tukang" di perhalus menjadi staf biar lebih beradab).
Waktu saya sehari-hari bisa dihabiskan di perjalanan  berangkat beraktifitas, di mulai setelah sang mantan pacar berangkat kerja, - (7.30 pagi) antar anak sekolah..kemudian berlanjut kepada status "IBJAL".....yang kemudian berakhir..pukul 12.45,...di sambung menjadi SUPRI ( supir pribadi untuk zee, putraku semata wayang..kayaknya dia gede di jalan..deh..hehe)...dan buruh di perusahaan sendiri.....memang waktu yang sangat flexsible, bagi saya..biar semua bisa jalan...baik rumah tangga dan karir yang tidak berjenjang..
Rute berawal dari Renon to bilangan MH. Tamrin, Kartini, Imam Bonjol sampai Kuta kemudian balik lagi ke Renon dan..berakhir di Sesetan (nama daerah / jalan di wilayah denpasar bali, yang mengalokasikan transaksi jual beli para pencinta kerajinan dan buruh tas kulit seperti saya: *ZB))

Sample bahan Canvas quil - dari toko Hanoman - di Gn. Saputan - Imam Bonjol
Jadi dari ujung utara ke ujung selatan misalnya, cuma untuk mencari kain katun untuk linning dan risluiting yang matching dengan kulit yang saya punya, atau hanya sekedar cari perbandingan harga dulu yah belinya kapan-kapan kalo dibutuhkan.
Ataupun bolak-balik pergi ke suplier kulit dan penjahit tas kulit langganan yang ehmmm...lumayan jauhnya. Walau cape, nilai positif yang saya dapat adalah senang, bangga, dan gak khawatir akan di bohongin lagi....tapi yang paling penting bisa liat langsung kalo ada bahan baru..hehe bisa lebih up to date. Karena sekarang saya jadi tahu dimana saya harus beli stud,  atau alternatif kulit murah namun berkwalitas, roll stainless untuk organizer, atau ada suplier kulit yang mau buang kulit sisa secara percuma...weits..tentunya bisa saya manfaatkan...ujung-ujungnya..bisnis..p:

Namun terkadang ada hal yang tidak boleh dikeluhkan (meskipun ingin sampai rasanya mau nangis, marah, grundelan) .....ketika saya memutuskan untuk menekuni zihnine (brand lama) NEW BRAND its " ZULEYKABALI" .....(uuuh...bukannya jadi tukang gambar interior "design interior" beneran sesuai dengan bidang ilmu yang aku tekunin selama 5 tahun -  atau bekerja di salah satu perusahaan terkemuka yang sesuai dengan bidang ku, yah syukur-syukur PNS seperti yang selalu di idamkan orangtua saya) Alasannya.....mau nangis..:
  • ketika kadang-kadang saya merasa down melihat para kaum wanita (domistik / asli indonesia) menggunakan barang terutama tas, dengan material yang aspal tapi brandet oh-so-catchy, dengan tag yang lucu, jahitan rapi ala tajur, siduarjo dan cibaduyut dengan harga yang weeeh...tapi mereka beli ...bahkan sampe kridit. Sedangkan *ZB, walau pake kwalitas kulit A, tapi siapa.......... *ZB,how can survive in lokal area....?
  • ketika customer (eksport) mengembalikan barang yang sudah dipesan karena ada kesalahan tekhnis, dan saya harus mengulangnya lagi. it's handmade, so it takes time.
  • ketika calon pembeli tidak mengkonfirmasi lebih lanjut, padahal pesanan sudah dibuatkan, mau di jual kemana?..bag leather ini, secara ..harganya lebih mahal dari "si-bag branded"
  • ketika customer tidak mau membayar dengan mencari-cari alasan kalo barang yang saya buat tidak berkwalitas, padahal saat sample order di buat mereka begitu antusias karena dapat gratisan
  • Ketika waktu date line..gak cukup..karena..tiba-tiba ada penjahit yang sakit,pulang kampoung..atau apalah..dan mereka telah kasbon...duluan....dan semua penjahit back up sedang penuh.....('"!")....





No comments: